Kamis, 17 Oktober 2019

Ini lho! 5 ciri khas Soto Ayam Lamongan yang bikin 'ngiler'



Soto Ayam Lamongan itu pas dinikmati di pagi, siang, dan malam hari dengan segala kondisi cuaca.

Sobat, Ga banyak loh film Indonesia yang ngangkat kuliner khas Indonesia. Nah, satu di antaranya adalah film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo (pemeran Aruna) dalam film “Aruna dan Lidahnya” yang lagi tayang di sejumlah bioskop Indonesia.

Salah satu  kuliner yang bikin Aruna ngiler itu adalah Soto Lamongan yang ada di Surabaya, di mana dikisahkan dalam film itu Aruna mendengar kisah dari salah satu pasien yang ia disambanginya di rumah sakit dan dia ngiler akan kelezatan Soto khas Lamongan yang dikenal berkuah kuning kental itu.

Apa sih yang berhasil bikin Aruna jatuh hati sama Soto Lamongan? Yuk simak penelusurannya langsung ke Soto Ayam Megilan Surabaya

1. Kemiri dan Kunyit jadi andalan.

Uang selalu datang melimpah, jika benda ini ada dirumah
Perpaduan kedua rempah ini bikin kuah dari Soto Ayam khas Lamongan ini berwarna kuning dan kental. Meski demikian, kuahnya tetap ringan di rasakan lidah karena kekentalannya didapat dari kemiri yang cukup banyak sehingga nggak eneg saat disantap.

2. Isian lengkap dan komplit.

Untuk isian dari Soto khas Lamongan ini cukup lengkap, yaitu irisan daging ayam pejantan atau ayam kampung yang cukup besar, telur rebus, bihun atau soun rebus, irisan kol, dan potongan daun bawang. Selain itu juga di Soto Ayam Megilan Cak Erik juga tersedia kulit ayam, usus, ati ampela, jeroan, sate telur puyuh, dan krokot (tulang ayam).

3. Bumbu Koya dari krupuk.

Satu yang gak bisa dipisahin dari soto ayam lamongan, yakni serbuk koya. Bahan yang terbuat dari remukan kerupuk udang dan bawang putih goreng yang dihaluskan ini ditaburkan sesaat setelah kaldu panas disiramkan ke dalam soto, setelah diaduk maka kaldu akan mengental dan rasanya gurih dan lezat. Konon koyat ini katanya yang ngebikin rasanya jadi ngangenin dan buat orang ketagihan pengen makan lagi. Ketagihan yang mengenyangkan hehe.

4. Harga terjangkau dan gak biking kantong bolong.

Nah, meski Soto Ayam Lamongan ini biasanya disajikan dalam porsi yang cukup besar, namun gak bikin kantong bolong, apalagi bagi yang lagi ngekost pas tanggung bulan. Untuk di Soto Ayam Megilan Surabaya, harga yang dibandrol sebesar Rp10.000 saja, jadi ga bikin kantong bolong.

5. Bisa dibungkus
Buat sobat yang nggak bisa menikmati ditempat, soto ayam lamongan biasanya bisa dibungkus dan dinikmati dirumah.
Biasanya cocok untuk ibu-ibu yang belum sempat masak pagi nih.

Jangan lupa sebelum menikmatinya, bisa ditambah perasan air jeruk nipis, sedikit sambal dan kecap asin. Soto Ayam Lamongan pun siap dinikmati selangi hangat.

CARI SOTO, COBAIN SOTO AYAM MEGILAN

Artikel Terkait

Ini lho! 5 ciri khas Soto Ayam Lamongan yang bikin 'ngiler'
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email