Senin, 20 November 2017

ARTI KATA MEGILAN













ARTI KATA MEGILAN?

Bagi kalian yang orang Lamongan, pasti sudah tak asing lagi dengan kata MEGILAN, kata ini sangat terkenal di Lamongan, Bahkan orang-orang di jawa tengah dan jawa barat pun sering mengucapkan kata ini. Lantas apa sebenarnya arti kata Megilan dan bagaimana asal mulanya bisa terbentuk kata ini.

Megilan adalah sebuah kata dialek khas Lamongan yang telah banyak tersebar hingga meluas ke daerah pinggiran Lamongan, Hingga saat ini Megilan tidak ada di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

Makna kata Megilan tersebut biasa diartikan sebagai penganti Imbuhan Contoh : Paling, lebih, sangat, luar biasa atau mengarah ke perumpamaan hal yang diluar kebiasaan bisa juga diartikan  ISTIMEWA. Normalnya, kata tersebut dipakai untuk menjadi kata yang menunjukan kaget atau terkagum.

Namun, sejalan dengan perkembangan pemakaian kata tersebut, makna kata Megilan dan kawan-kawannya meluas hingga menjadi kata tagline kota Lamongan.  LAMONGAN MEGILAN!

Kata-kata ini bila digunakan dalam situasi penuh kaget, akan menjadi pengganti kata panggil atau kata ganti orang. Misalnya, :

"Megilan adohe omahmu = Jauh banget rumahmu"
,

"Megilan Lamongan saiki tambah maju = Istimewanya Lamongan sekarang semakin Perkembang"

"Soto Ayam e Megilan = Soto Ayamnya Enak Banget."


"Koncomu nakale megilan = Temanmu Nakal Banget".

Dan tentunya masih banyak lagi perbaduhan Megilan dan kalimat percakapan lain.


Dan memang, kata ini sangat enak diucapkan untuk menjadi penganti imbuhan kata yang menjukan ekspresi , walaupun ada juga yang kurang mengerti makna kata Megilan.

SEMOGA LAMONGAN SEMAKIN MEGILAN.

Artikel Terkait

ARTI KATA MEGILAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

5 Maret 2022 pukul 01.47 delete

Titanium Edc - Teton Engineering
A titanium edc is used titanium vs ceramic flat iron to attach bolts to the end titanium scooter bars of a rail and the surface on a titanium tv alternative piece mokume gane titanium of metal. An edc is a piece of a piece micro touch titanium trim of metal,

Reply
avatar